Pengaturan Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST) memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi, sains , dan Teknologi. JKST berkomitmen untuk memuat artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang bidang Ilmu Komunikasi, sains , dan Teknologi.

Ruang lingkup Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST) adalah sebagai berikut:

1. Communication sciences
2. Public Relation
3. Broadcasting
4. Mass Media and Journalism
5. New Media and Social Media
6. Digital Innovation
7. Media studies
8. Mass communication and journalism
9. Strategic communication
10. New Media
11. Information Management
12. Information Security Management
13. ICT for Development
14. E-learning
15. E-Commerce
16. Information Technology


Proses Peer Review

Artikel-artikel yang dimuat di JKST, sudah melalui proses review substansi minimal oleh 2 orang reviewer secara double blind peer review. Pre-review artikel akan dilakukan untuk melihat kesesuaian format halaman, gambar, tabel, sitasi dan daftar referensi serta sistematika pembaban artikel. Pemeriksaan unsur plagiasi dilakukan melalui pencarian di Google Scholar dan Turnitin.

Reviewer dapat meminta review ulang setelah penulis merevisi artikelnya. Keputusan diterima tidaknya artikel menjadi kewenangan Ketua Editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer.


 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST), mulai tahun 2022 menerbitkan 2 (enam) nomor setiap tahun.

JKST menerima artikel setiap waktu, akan tetapi redaksi tidak bisa menjamin untuk terbit di penerbitan terdekat.

Artikel yang terbit di JKST tersedia secara online dan bebas diakses fulltext-nya dari alamat https://journal.proletargroup.org/index.php/JKST/issue/archive


 
Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST) menyediakan akses terbuka atas artikel-artikel yang dipublikasikan dengan prinsip dasar untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian kepada publik guna mendukung perkembangan ilmu pengetahuan pada bidang teknologi informasi dan ilmu komputer


 

Pengarsipan

OJS support LOCKSS (Lots of Copies Keep Stuff Safe). Sebuah sistem untuk mengarsipkan jurnal secara permanen dan aman. LOCKSS adalah perangkat lunak open source yang dikembangkan di Library of Stanford University yang memungkinkan perpustakaan untuk menjaga website jurnal yang dipilih dengan mengumpulkan backup data secara teratur dari website jurnal yang terdaftar untuk konten yang baru diterbitkan dan mengarsipkannya. Tiap arsip divalidasi secara terus menerus terhadap library caches yang lain, dan jika konten ditemukan dalam keadaan rusak atau hilang, caches atau jurnal yang lain digunakan untuk menyimpan ulang. Lebih lanjut ...


 

Pembatalan Penerbitan

Penulis tidak diperbolehkan untuk membatalkan naskah yang sudah dikirimkan karena pembatalan atau penarikan naskah merupakan pekerjaan sia-sia (pemborosan tenaga dan waktu) yang dilakukan oleh editor atau reviewer.

Apabila Ingin membatalkan publikasi artikel dikenakan Biaya Sebesar Rp. 300.000 sebagai pengganti proses pekerjaan yang telah dilakukan


 

Penulis Tanpa Kejelasan Terhadap Naskah

Penulis yang telah mengirimkan naskah dan sudah melewati proses review, serta hasil dari review sudah disampaikan oleh editor kepada penulis. Namun, tidak ada respon (tanggapan) dari penulis untuk diperbaiki naskah tersebut dalam jangka waktu lebih dari 6 bulan, sehingga naskah tersebut masih dalam status aktif di sistem online Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST). Dikarenakan hal tersebut, editor dan reviewer telah melakukan pekerjaan sia-sia (pemborosan tenaga dan waktu).

Terhadap penulis yang demikian, maka penulis akan masuk dalam daftar hitam (black list) untuk publikasi pada Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST). Bahkan naskah sebelumnya yang sudah pernah diterbitkan akan dihapus dalam Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST). Didalam daftar hitam akan ditulis nama lengkap penulis, email semua penulis, dan afiliasi dari penulis.

 


Hak cipta dari artikel publikasi sebagai berikut:

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi karya tulisan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori yang ada atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk membagikan karya secara online (contoh: di repositori atau di website mereka dan sebagainya) sebelum dan selama proses penyerahan sampai penerimaan artikel, dan setelah dipublikasikan seperti halnya sitasi yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).